Selasa, 21 September 2010

Kota Tua Jakarta





Pagi- pagi teman ngoceh bangunin saya ....

" Ke Museum Kota Tua yuk "

Saya langsung membalikkan punggung dan memejamkan mata.

MALAS AH!

Ini Liburan Lebaran. Liburan sekali dalam setahun. Liburan Eksklusif buat saya ...

Super Panas + Ramai + Bising + Parkiran Ribet + Museum Compang Camping = Tidak terdengar eksklusif buat saya

Tapi akhirnya saya iyakan juga. Seorang kerabat teman datang dari Bandung. Dia belum pernah mengunjungi Kota Tua yang merupakan identitas dari Jakarta. Singkatnya : Saya Mengkhianati Ranjang dan selimut saya.

Pukul 11 siang saya berkendara motor kesana. Jalanan sepi - Tidak macet menuju ke Beos Kota. Gambaran Parkiran yang semerawut ternyata tidak saya temukan. Engkong- engkong petugas parkirnya cukup telaten dalam "me-manage". Di depan saya terhampar Lapangan luas dan banyak orang hilir mudik. Banyak betul yang jualan makanan disana.

Saya memicingkan mata saya. Lokasi ini ada yang berubah. Wajah- wajah museum dicat ulang - entah dari kapan. Pedagang- pedagang liarpun tertata lebih bersih dan rapi. Saya terkesima dengan petugas kebersihan yang " responsif " memungut sampah persis diwajah pembuang sampah sembarangan. Mantap!!. ( Harusnya kau malu non! )

Kota Tua masih menjadi pilihan " Sejuta Umat " yang hendak membuat foto pra- Wedding disana. Sepeda jadul juga berkeliaran dimana- mana. Ada satu tambahan yang mungkin anda sendiri belum tahu : Tepat dilapangan yang berbentuk persegi panjang, ditiap sudutnya terdapat Toilet yang dibuat rapi dan bersih dengan masing- masing petugas penjaga disana. Warnanya Biru stabilo. Dan ketika saya lewat disana, hidung saya disambut bau ........ KARBOL

Silahkan ngatain saya norak, tapi saya termasuk tipe orang yang antipati terhadap bagaimana cara Walikota Jakarta me- manage wajah Museum- Museum  Kota Tua. Dan terakhir kali saya mengunjungi Kota Tua adalah pada pertengahan September 2008 silam - dan belum ada si Toilet Biru, dan wangi karbol kali ini menyelamatkan mereka dari cacian dalam hati saya. :) Petugasnya diseragamkan pakaian Pramuka Lho ... suwer! ( Minus Topi )

Tak ayal lagi, Toilet biru norak plus petugasnya acap kali menjadi objek foto mereka yang membawa kamera. Termasuk Bule. Menarik perhatian soalnya ...

Ngomong- ngomong soal Bule ... ada satu lagi kejadian menarik. Ketika saya dan teman sedang menepi dibawah atap Museum, untuk makan ketoprak, ada Bule banyak, dan mereka jalan beriringan ( Persis bebek dan anaknya ). Mereka berbicara dalam bahasa asing gak jelas. Bukan bahasa Inggris. Yang paling belakang adalah Ibu- Ibu. Bajunya biasa aja, nyantai. Kulitnya mulai merah kena panas matahari. Sekonyong- konyong dia berhenti untuk melonggo isi panci tukang "Nasi Goreng Gila". Dia dipelototin balik, enggak cuma sama tukang jualan nasi gorengnya, tapi juga sama kita yang menepi disana dan seluruh "rombongan bebeknya".

Adegan dramatis selanjutnya, si tukang nasi goreng gila seketika mengambil sendok dan mengambil sesondok masakannya untuk si Ibu Bule tadi. Dua- duanya kagak ada yang bersuara. Hanya bahasa tubuh. Si Ibu tersenyum dan menerima sendok berisi nasi itu dengan tersenyum. Langsung ditenggak. Habis itu senyumnya tambah merekah. Si pedagang cuma geleng- geleng kepala sambil senyum juga dan lanjut genjot- genjot nasinya diatas panci panas. Si Ibu akhirnya mengambil foto adegan si tukang lagi masak dengan senyum. ( Plus sama sendok nasi yang belum dipulangin )

Dalam beberapa menit singkat, si Tukang Goreng berhasil menjadi " Duta Besar " bagi Jakarta - dan " Duta Besar " komunitasnya .... bagi saya. Sesendok nasi goreng gila di bayar dengan selembar foto manis yang pastinya akan tersebar di Facebook atau Twitter si Bule nanti :) .......... Impas Madame!! :)

BERSIH - TOILET HIGIENIS - TATANAN JAJANAN RAPI - PARKIRAN AMAN - MUSEUM CANTIK

Walikota mengerjakan " PR "nya ternyata.

KEEP DOING YOUR HOMEWORK ! WE ARE WATCHING !!

Ke Kota Tua ?

" Hayuk !, eh ... bawa kamera lo ya ..."  :)

Notes Tambahan: Seluruh Museum dikawasan Kota Tua tutup pada hari Senin selalu - sepanjang tahun!  Baik Itu Lebaran, Natal, maupun hari raya lainnya tetap dibuka - KECUALI HARI SENIN. Semoga Informasi ini bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar